jump to navigation

masa depan,siapa yang tahu? December 21, 2008

Posted by catatanraufmendunia in Aku dan tulisan motivasi.
trackback

Masa depan?siapa yang tahu akan masa depannya?hal itu menjadi sebuah pertanyaan besar yang dari dulu hingga saat ini memenuhi rongga-rongga otak kecil saya . “Peduli setan dengan masa depan”, mungkin ada sebagian orang yang juga berkata seperti itu. Atau mungkin juga ada sebagian orang yang berpendapat “sudahlah.., buat apa terlalu mikirin masa depan..yang penting kita fun and happy aja deh saat ini!!”. Setiap orang punya pemikiran tersendiri mengenai masa depan,ada yang peduli, ada yang tidak peduli,atau mungkin ada juga yang acuh tak acuh dalam menyikapi sebuah kalimat tentang “masa depan”. Yaa, sebuah kalimat sederhana akan tetapi menyimpan jutaan tanya pada diri saya.  Mungkinkah masa depan saya akan cemerlang dan sukses seperti banyak orang berhasil yang lainnya?Jujur..pada saat ini,kalimat masa depan begitu sangat mengganggu dan menghantui pikiran saya,bagaimana tidak selalu terbebani dengan pikiran masa depan,semuanya seperti masih kabur dan masih dalam bayang-bayang semu. Tidak bisa ditebak,apalagi diprediksi. Terdengar sedikit lucu memang,tapi hal inilah yang membuat saya sedikit berfikir keras menghadapi sebuah “sindrom ketakutan akan masa depan”.

Kembali saya bertanya lagi kepada diri sendiri, apakah masa depan saya akan sukses?lalu bagaimanakah cara saya untuk meraih masa depan yang berhasil?pertanyaan inilah yang wajib saya harus jawab mengenai masa depan.

When it comes to the future, there are three kinds of people: those who let it happen, those who make it happen, and those who wonder what happened.” (John. M. Richardson. Jr).

Dari pernyataan ini saya coba tarik kesimpulan bahwa masa depan itu sendiri telah membagi 3 golongan manusia, yaitu seseorang yang membiarkan itu terjadi, seseorang yang membuat terjadi, dan terakhir adalah seseorang yang kagum atas apa yang telah terjadi. lalu dimanakah posisi saya berada? yang jelas saya ingin berada pada posisi ke-2 tentunya,saya ingin menjadikan masa depan menjadi seperti yang saya inginkan dan terjadi sesuai dengan apa yang saya harapkan. Satu clue saya dapatkan, bahwa masa depan itu bisa dibentuk sesuai dengan apa yang saya inginkan. Kembali lagi sayalah yang menentukan masa depan. lalu bagaimana saya membentuk masa depan tersebut?

“The best thing about the future is that it comes only one day at a time.” (Abraham Lincoln).

Saya mencoba mencerna kalimat ini, masa depan hanya datang hanya satu hari di suatu waktu. Mungkin kalimat ini menyiratkan bahwa masa depan itu harus dipersiapkan dari sekarang.Tapi bagaimana? sepertinya masa depan akan bisa terlihat dengan jelas tergantung dari kesiapan kita.

No one is better or smarter,but only a person that prepare thing is better(Brian Tracy).

Jadi masa depan itu tergantung dari apa yang telah kita siapkan hari ini. Hari ini diibaratkan seperti menanam benih, masa depan adalah saat kita menanamnya. Siapa pun yang ingin mengetahui masa depannya, wajib tanpa terkecuali untuk lihat dan persiapkan diri pada hari ini, karena pada hari inilah kita mulai berinvestasi untuk masa depan.

“For tomorrow belongs to the people who prepare for it today” (African Proverb).

Lalu hal apakah yang saya perlukan untuk mempersiapkan masa depan saya agar berhasil dan sukses seperti yang saya harapkan dan inginkan? saya coba berfikir dengan keras dan memutar otak agar bisa berfikir untuk menyelesaikan pertanyaan mengenai hal apakah yang saya perlukan agar meraih masa depan yang cemerlang?

hal pertama yang terdapat di benak saya adalah konsep penggunaan dan manajemen waktu.

“Time is free, but it’s priceless. You can’t own it, but you can use it. You can’t keep it, but you can spend it. Once you’ve lost it, you can never get it back.” (Harvey Mackay).

Waktu adalah segalanya, setiap orang diberi kesempatan yang sama mengenai waktu. 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu, 4 minggu dalam sebulan, dan 360 hari dalam setahun. Akan tetapi kitalah yang punya autoritas untuk mengatur waktu kita sendiri. Bila ingin meraih masa depan yang berhasil, saya perlu menggunakan waktu dengan baik setiap detik yang telah dilalui. Apabila kita sudah sadar akan konsep manajemen waktu.

Hal kedua yang diperlukan untuk meraih masa depan adalah belajar dan merenungi kesalahan dari hari kemarin. Kenapa harus hari kemarin?bukankah hari kemarin adalah sudah lewat dan tidak berguna lagi?tidak,

hari kemarin adalah momentum untuk mempelajari masa depan kita,

dari masa lalulah kita banyak belajar akan kesalahan yang telah kita perbuat dan sebagai bekal untuk mempersiapkan masa depan yang kita inginkan. Dari masa lalu kita mendapatkan pengalaman yang berharaga,

jadikan pengalaman itu sebagai panduan agar masa depan kita bisa lebih kita persiapkan dengan baik, matang, dan tanpa harus mengulangi kembali kesalahan-kesalahan bodoh di masa lalu.

hal ketiga yang perlu dipersiapkan adalah perencanaan.

“A good plan today is better than a perfect plan tomorrow” (Proverb).

dengan perencanaan yang matang dan sempurna, kita akan mendapati masa depan akan menjadi lebih sempurna. apabila anda ingin masa depan yang berhasil, buatlah perencaan jangka pendek dan jangka panjang mengenai masa depan. dengan perencanaan yang terarah,konseptual, dan tepat sasaran, maka akan menjadi penunjang untuk mempersiapkan hari-hari yang kita lalui untuk meraih masa depan yang kita inginkan.

Hal keempat yang juga kita perlu siapkan adalah bangun motivasi dan kenali potensi diri. Masa depan yang kita inginkan akan menjadi sebuah hal yang sia-sia tanpa dibarengi dengan konsistensi dan motivasi yang kuat untuk meraihnya. Tanpa 2 hal tersebut sepertinya masa depan yang diinginkan akan menjadi sebuah proses angan-angan belaka,karena dari motivasi itulah saya akan berjuang keras sekuat tenaga, bekerja keras, mungkin sampai berkeringat darah agar mampu meraih masa depan yang saya inginkan tersebut. Akan tetapi motivasi yang kuat tanpa dibarengi dengan mengenali potensi diri juga menjadi hal yang tidak berguna,karena dengan mengenali segala potensi dalam diri sendiri,akan terjadi suatu kondisi dimana seseorang akan berjalan tanpa arah dan tujuannya. Hal ini dikarenakan, diri saya tidak mengetahui dan bingung harus kemanakah saya berjalan,dari kebingungan itulah akan berdampak semakin terus berkurang motivasi di dalam diri.

Selanjutnya,hal kelima yang harus kita persiapkan adalah mengevaluasi rencana masa depan. Evaluasi diperlukan untuk melihat dan menjaga segala hal yang telah coba kita persiapkan dan laksanakan demi meraih masa depan yang cemerlang. Evaluasi ini mutlak diperlukan,karena dengan berevaluasi atau boleh dibilang mengintropeksi diri sendiri akan menjadi kekuatan bagi diri sendiri agar lebih bisa mendapatkan masa depan yang kita inginkan.

hal terakhir yang saya perlukan untuk meraih masa depan sesuai yang saya inginkan adalah dengan senantiasa percaya, berdoa, dan mendekatkan diri kita kepada tuhan sang pencipta jalan kehidupan pada hari ini dan masa depan yaitu Allah SWT. Kita perlu menyadari dengan sangat seksama bahwa kita sebagai manusia memiliki sang pengatur kehidupan ini. Steve jobs dalam pidatonya di Stanford University mengatakan bahwa manusia perlu mengecamkan dan memperhatikan yang namanya “The dots connection on your future life”. Titik-titik atau boleh disebut dengan jalan kehidupan kita sudah ada yang mengatur,yaitu Allah SWT. Tugas kita hanya menjalankan dan menghubungkan titik-titik kehidupan kita dengan sebaik-baiknya,kitalah yang memilih akan kehidupan dan masa depan yang kita jalani, memilih untuk berjalan dijalan yang benar atau dijalan yang salah menuju masa depan tersebut.

“Losers live in the past. Winners learn from the past and enjoy working in the present towards the future”(Proverb).

kita sendiri yang memilih, ingin menjadi pemenang atau pecundang nantinya.

“The future is not a result of choices among alternative paths offered by the present, but a place that is created–created first in the mind and will, created next in activity. The future is not some place we are going to, but one we are creating.”

mari kita renungkan bersama,mudah-mudahan apa yang saya sedang takutkan mengenai masa depan akan bisa terjawab setelah mencoba menulis disini.

apartemen yang sunyi

4.45 di pagi hari

Comments»

1. ciye - December 22, 2008

masa depan memang tidak pasti, tapi pasti akan terjadi.. kehidupan kita 5 tahun ke depan ditentukan oleh apa yang kita lakukan hari ini.
ketakutan itu pasti ada.. seperti masuk ke ruangan gelap dimana kita ga bs liat apa2, tapi klo sblm msk kita udah nyiapain senter. kli aja kita bs ngeliat tumpukan emas di dlm ruangan itu.. hehehe.
bagus tulisannya bang!! cm dirapihin lagi ajah.. kalo 1 paragrafnya panjang bgt capek bacanya.. hehe. ayo menulis!!!

catatanraufmendunia - December 22, 2008

ketidakpastian masa depan memang sebuah sunnatullah..tapi dengan memahami esensial akan masa depan yang diinginkan,kita harus mempersiapkan diri (senter) dan berharap dengan kesiapan yang sudah dibuat dari sekarang kita akan menemukan yang namanya masa depan cemerlang (tumpukan emas).
makasih komennya ci..semangat untuk terus menulis yahh..


Leave a Reply

