jump to navigation

kenapa harus menjadi dewasa? January 1, 2009

Posted by catatanraufmendunia in Aku dan tulisan motivasi.
trackback

Banyak sudah buku mengenai psikologi menjelaskan mengenai kedewasaan. mulai dari yang bersifat teoritis hingga menjelaskan secara detail mengenai perilaku dan tips mengenai kedewasaan. banyak orang menganggap kedewasaan adalah tergantung dengan umur ataupun pengalaman yang telah dirasakan.

Akan tetapi, menurut pendapat saya umur ataupun pengalaman tidak menjamin kedewasaan seseorang. Di dalam islam, kedewasaan itu diukur dari satu parameter yaitu baligh. apabila seseorang sudah baligh sudah dipastikan seseorang tersebut boleh diklasifikasikan sebagai seseorang yang telah dewasa. akan tetapi dalam berbagai buku mengenai psikologi, seseorang yang telah dewasa mulai diklasifikasikan tingkatan umur tertentu.

Menurut saya, kedewasaan itu merupakan 2 kombinasi penting antara :

1. sikap yang bertanggung jawab

2. dan kematangan berfikir

sikap yang bertanggung jawab merupakan salah satu ciri penting yang membedakan seseorang yang sudah dewasa dan belum dewasa. orang yang sudah dewasa senantiasa bersikap dan melakukan hal apapun dengan rasa tanggung jawab. tanggung jawab disini mengandung makna bahwa apapun yang dilakukan dan diputuskan adalah murni pilihan pribadi dan siap menanggung berbagai resiko yang akan didapatkan baik itu resiko-resiko yang bersifat baik ataupun yang buruk. Kedewasaan secara kasat mata juga bisa dilihat dari perilaku individu tersebut, individu yang dewasa biasa bertindak dengan cara yang dewasa. setiap tindakannya tidak untuk tujuan menyakiti perasaan orang lain ataupun merugikan orang lain. Yang ada pada seseorang yang telah dewasa adalah bagaimana mengkondisikan tindakan-tindakannya agar senantiasa bisa berguna bagi orang lain disekitarnya.

Sikap yang bertanggungjawab didapati dari proses panjang pada diri seseorang tersebut. waktu yang diperlukan pada kondisi proses tersebut pada setiap individu adalah berbeda. ada yang cepat dan ada juga yang sedikit lambat. tidak heran ada ungkapan yang mengatakan “matang sebelum waktunya”. Tapi itu adalah sebuah realitas dan saya coba mengaitkan mengapa seseorang yang dewasa juga dipengaruhi oleh salah satu faktor penting juga yaitu kematangan dalam berfikir.

Saya teringat dengan ucapan dari seorang paman dari teman baik saya, dia mengatakan bahwa kematangan berfikir pada setiap individu dipengaruhi oleh 3 faktor penting, yaitu:

1. Pengaruh keluarga

Pada faktor pertama ini mnjadi satu faktor penting yang mempengaruhi kematangan berfikir seseorang. individu yang berasal dari keluarga yang harmonis dan yang broken home tentu saja berbeda bukan. pola tingkah laku dan pemikiran dari setiap individu bergantung kepada suasana keluarga dalam mendidik individu tersebut dari kecil. apabila didalam sebuah keluarga mengajarkan sikap dan berfikir yang demokratis, hal ini memungkinkan seorang individu tersebut mempunyai cara berfikir yang demokratis. namun, apabila ddidalam lingkungan keluarga terbiasa mengajarkan sikap dan berfikir yang negatif terus menerus dan senantiasa mengeluh dengan segala keadaan, bisa jadi individu tersebut terdidik untuk berfikir secara negatif dan terus saja mengeluh dengan kondisi dan keadaan persis seperti kelauarganya biasa terapkan sehari-hari dirumah.

2. Pengaruh lingkungan

salah satu faktor penting dalam kematangan berfikir seseorang adalah karena pengaruh lingkungannya. apabila seseorang terbiasa bergaul dengan individu yang tidak baik dan senantiasa berfikir dengan negatif. hal ini akan membawa si individu untuk mengikuti jejak pemikiran dari orang-orang atau teman-teman terdekatnya. namun, apabila seorang individu bergaul dengan teman dan kerabat yang senantiasa berfikir kritis, terbuka, dan penuh dengan wawasan maka pemikirannya individu tersebut akan seperti itu. maka berhati-hatilah dalam bergaul dengan teman-teman terdekatmu. carilah teman-teman yang bisa membawa dirimu dalam kematangan berfikir yang baik.

3. Buku bacaan yang dibaca

Mungkin terdengar aneh, bagaimana mungkin buku bacaan bisa mempengaruhi pemikiran seorang individu?tapi hal ini mungkin ada benarnya. jangan heran apabila ada temanmu yang terbiasa dengan baca-bacaan buku motivasi maka akan terlihat teman tersebut cenderung senantiasa termotivasi didalam menjalankan hal kegiatan apapun. coba lihat dengan seksama orang-orang yang senantiasa belajar dan membaca buku-buku ilmu politik, dengan pasti kita bisa merasakan bahwa pola pemikirannya pasti akan terkait dengan ilmu politik. mari biasakan membaca buku-buku yang bermanfaat dan mampu memberi kemampuan dan kematangan dalam berfikir.

masa muda adalah masa yang paling indah, masa muda tidak pernah bisa kita ulangi..menjadi seorang yang dewasa adalah sebuah perjalanan hidup, dan menjadi tua adalah sebuah kepastian. sudah saatnya masa muda kita dan kedewasaan kita menjadi sesuatu hal yang berguna. mari investasikan diri kita dengan sesuatu yang berguna agar bisa menjadi sosok pemuda yang dewasa dan juga bermanfaat bagi diri kita sendiri, keluarga, teman dan kerabat, agama, dan juga bangsa dan negara.

kalau bukan kita yang memulai untuk perubahan,lalu siapa?

kalau kita tidak mencoba memberi perubahan untuk saat ini,lalu kapan?

Comments»

1. SJ - August 4, 2010

aku punya pengalaman yang cukup buruk dengan seseorang yang selalu berpikiran negatif dalam menghadapi segala sesuatu. pikiran negatif itu terkadang menimbulkan kekhawatiran yang berlebihan serta emosi yang tak terkendali dan pada akhirnya kata2 tidak sopan keluar dari mulutnya sebagai caranya untuk menyalurkan emosi..

bagaimana caranya ya untuk dapat memberika dia pandangan agar dia dapat mengurangi cara berfikirnya itu??

terima kasih.

2. UUM Blogger Society - January 17, 2011

Hello catatanraufmendunia !

We invite you as UUM Blogger to join, share, and promote your blog to uumbloggersociety.blogspot.com

Thank you :)!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: