jump to navigation

3 Kesalahan Manusia April 15, 2009

Posted by catatanraufmendunia in pengembangan diri.
trackback

Setiap manusia tentunya ingin agar bisa menjadi pribadi-pribadi yang efektif dan berhasil dalam setiap bidang kehidupannya,perjalanan kehidupan seseorang itu tentunya mempunyai berbagai macam hal yang berbeda-beda dan tidak mungkin setiap manusia itu mempunyai perjalanan yang sama dalam menjalani setiap jengkal kehidupannya semasa hidup.

Tahukah teman-teman bahwa dalam buku La Tahzan,sebuah buku dan karya yang fenomenal dari DR ‘Aidh Al-Qarni menjelaskan ada 3 kesalahan manusia yang senantiasa dia lakukan berulang-ulang dan kesalahan itu bisa jadi menjadi kebiasaan yang membekas dalam setiap langkah perjalanan hidupnya.

Kesalahan itu ialah :

1. Menyia-nyiakan waktu

Banyak dari kita semua tidak sadar, dan hampir tidak menyadarinya bahwa waktu ini adalah sesuatu hal yang begitu berharga dalam kehidupan kita semua,waktu adalah sesuatu yang sangat bernilai dan sangat mahal untuk bisa menggantikannya dengan hal yang lain. Waktu tidak pernah kembali,waktu berjalan dengan sangat cepat,tidakkah teman-teman sadari itu semua.

Zig Ziglar, motivator terkenal dari Amerika mengatakan bahwa “gunakanlah waktumu sebaik-baiknya, dan rancanglah tujuan anda dalam menjalani waktu anda tersebut”.

Setiap manusia diberikan waktu yang sama dengan yang lainnya yaitu 24 jam sehari, yang menjadi pertanyaan adalah kenapa beberapa orang bisa meoptimalkan waktunya dengan baik dan meraih kesuksesan sedangkan beberapa orang lagi yang lain belum bisa mengoptimalkan waktunya dengan baik dan masih belum bisa menggapai kesuksesannya?Gunakan waktumu sebaik mungkin,jangan pernah lewatkan sedetikpun waktumu tanpa mengerjakan sesuatu hal yang bermanfaat dan bernilai positif,jangan sia-siakan waktumu teman-teman,waktu tidak pernah kembali!!

2. Membicarakan hal-hal yang tidak berguna

“Diantara kualitas keislaman seseorang adalah meninggalkan hal yang tidak berguna untuk dirinya” (Al-Hadist)

Sudah waktunya bagi kita untuk memulai dari sekarang agar bisa meninggalkan pembicaraan yang tidak berguna, pembicaraan yang kesana-kemari alias ngalor-ngidul tanpa mempunyai manfaat dan makna yang positif ada baiknya kita tinggalkan sekarang juga, pembicaraan yang tidak berguna akan mampu membawa kita menjadi pribadi-pribadi yang bermental dan berfikiran negatif terhadap sesuatu, alangkah lebih baiknya bila pembicaraan kita bisa diisi dengan berbagai hal yang bermanfaat mislanya saja berbicara mengenai agama, cerita-cerita untuk memotivasi kita semua agar menjadi lebih baik dan efektif dalam menjalani kehidupan, atau membicarakan mengenai ilmu pengetahuan, tentunya pembicaraan tersebut akan lebih bermakna bila dibandingkan dengan membicarakan hal-hal negatif tentang orang lain misalnya,dsb.

“jangalah lisanmu,karena lisanmu adalah pedangmu yang suatu saat akan bisa menghunus orang didekatmu”

3. Memberikan porsi perhatian yang terlalu besar terhadap masalah-masalah sepele.

“Orang besar akan lebih focus kepada yang lebih besar,bukan masalah-masalah sepele” begitu para motivator mengatakan.

Berikanlah dan fokuskanlah diri anda kepa hal yang besar setiap hari agar bisa meraih hal-hal besar yang anda impikan, jikalau anda hanya memikirkan hal-hal kecil dari sekarang, lalu kapan anda akan bisa meraih hal besar dalam hidup anda?sebagai contoh tinggalkanlah hal berikut ini seperti : mendengarkan kabar burung, percaya pada ramalan, dan gossip-menggosip.

Teman-teman sekarang juga kita tinggalkan hal-hal sepele, beralihlah dan bertindaklah untuk mengejar hal-hal besar dalam kehidupan anda.

Apabila kita menyadari dan mulai tergerak hatinya dalam memahami tiga kesalahan yang berulang-uang ini, mari kita semua bersama-sama untuk bisa berusaha dan meyakinkan diri kita agar tidak melakukan kesalahan yang senantiasa berulang ini sehingga akan menghambat semua keberhasilan di depan kita semuanya..

Comments»

1. education :: Learning :: May :: 2009 - May 7, 2009

[…] 3 Kesalahan Manusia […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: