jump to navigation

Menjadi Orang Besar April 15, 2009

Posted by catatanraufmendunia in Aku dan tulisan motivasi.
trackback

Dalam buku La Tahzan (jangan bersedih) karya Dr. ‘Aidh al-Qarni mengatakan bahwa jangan pernah bersedih dengan masa lalu yang telah kita lewati atau dengan masa depan yang belum pernah kita tahu atau belum pernah kita lewati.

Setiap manusia tentunya pasti mempunyai masa lalu yang beraneka ragam mulai dari masa lalu yang baik hingga masa lalu yang tidak baik dan cenderung suram atau bisa dibilang masa lalu yang sangat kelam. Masa lalu adalah sebuah perjalan kehidupan yang telah kita lewati dan masa lalu merupakan salah satu sunnatullah bahwa manusia akan mengalami masa lalu dengan segala bentuk apapun dan manusia tidak mempunyai kuasa sedikitpun untuk mengembalikan masa lalu itu kembali lagi.

(telah pasti datangnya ketetapan Allah, maka janganlah kamu minta agar disegerakan (datang)nya) (QS,. An-Nahl :I)

Disamping masa lalu, manusia juga akan menghadapi yang namanya masa depan yang suatu saat atau mau tidak mau harus dijalani dan harus dihadapi, berbeda dengan masa lalu yang telah dilalui, masa depan ini bersifat belum pasti dan belum tentu terjadi sesuai dengan keinginan yang kita mau atau kita harapkan. Masa depan inilah masih bersifat kabur dan tidak jelas, siapa lagi yang tahu masa depan kita selain pencipta kita Allah SWT.

Dengan berbagai macam pemahaman dan pengertian dalam memahami masa lalu dan masa depan tentunya akan lebih baik bila kita bisa lebih memfokuskan diri kita untuk bisa melakukan atau menjalankan sesuatu hal yang lebih berguna dan lebih berfaedah pada hari ini, yaa hari ini. Lupakan semua masa lalu anda yang pernah anda lalui, apabila masa lalu anda sangat kelam, jadikanlah sebagai pelajaran yang berharga untuk diri anda, apabila masa lalu anda sukses, jadikanlah masa lalu tersebut sebagai semangat untuk bisa meraih hal yang lebih positif dihari selanjutnya.

Dan juga jangan terlalu sedih yang berkepanjangan dengan segala masa depan yang belum jelas nantinya, jangan pernah sedih dengan perasaan masa depan anda, janganlah terlalu merenungi terlalu dalam dan menimbulkan efek kesedihan yang terlalu berlebihan dalam memandang tentang masa depan anda baik masa depan anda akan sukses ataupun tidak sukses.

Fokuskanlah diri anda pada hari ini, hari dimana harus diisi dengan kegiatan-kegiatan yang sangat positif dan bermanfaat buat diri anda sebagai bekal diri untuk persiapan di masa depan, buatlah karya besar anda pada hari ini sehingga anda akan lebih siap menghadapi masa depan yang belum pasti, teruslah menjadi yang terbaik pada hari ini sehingga anda akan lebih menjadi manusia yang lebih baik di masa depan, jadikan hari ini seperti hidup anda yang terakhir kalinya dalam hidup sehingga anda akan senantiasa memberikan totalitas yang menyeluruh dalam melakukan segala tindakan-tindakan yang positif. Jadikanlah hari ini sebagai hari anda untuk tidak berkata kotor, jadikanlah hari ini sebagai hari dimana anda bisa menjadi pribadi yang menyenangkan orang lain, jadikan hari ini menjadi hari kontribusi yang besar dan bermanfaat buat semua orang, jadikanlah hari ini senantiasa menjadi hari yang terbaik, lebih terbaik, dan sangat terbaik, hasilkanlah karya besar positif pada hari ini.

Tidak heran rosullulah Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa hari ini harus lebih baik dari hari kemarin..

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: