jump to navigation

Selamat Datang Masalah April 15, 2009

Posted by catatanraufmendunia in pengembangan diri.
trackback

Setiap manusia yang hidup di dunia ini pastinya mempunyai berbagai permasalahan hidup baik itu permasalahan yang tergolong permasalahan biasa,permasalahan yang sedang, ataupun permasalahan yang begitu berat dijalani oleh seseorang tersebut. masalah yang datang didalam kehidupan ini merupakan salah satu hal mutlak dan wajib diterima oleh setiap orang,karena masalah merupakan bagian dalam kehidupan kita semua,masalah yang menerpa kita bisa jadi menjadi suatu beban bagi seseorang yang lemah dalam mengatasi masalah,ataupun bisa jadi kekuatan pendorong bagi seseorng yang bersahabat dengan masalah.

Masalah yang terjadi di dalam kehidupan setiap manusia tergolong unik, beragam, dan berbeda kadarnya satu sama lain.permasalahan yang ada dan mendatangi kita mau tidak mau dan senang ataupun tidak senang akan datang didalam kehidupan kita, entah itu masalah dengan teman, sahabat, keluarga, masalah dengan sang pacar, masalah di dalam pekerjaan, ataupun masalah-masalah lain yang ada dan terus bisa datang tiba-tiba diantara kita semua.

Tahukah teman-teman sekalian,bahwasanya masalah yang datang kepada kita merupakan salah satu hal pembelajaran yang sangat berharga buat kehidupan kita di dunia ini, karena dengan adanya masalah itulah kita bisa belajar banyak untuk bisa menyelesaikan dan menaggulangi berbagai permasalahan hidup yang datang didalam kehidupan kita ini.
berikut beberapa tips agar kita bisa bersahabat dengan masalah dan bisa menjadikan masalah sebagi proses untuk belajar.

1. Selamat datang masalah
Apabila teman-teman mempunyai dan dihampiri oleh masalah yang ada didalam kehidupan teman-sekalian, hal pertama yang harus dilakukan oleh kita semua adalah mengubah paradigma pola fikir kita terhadap masalah tersebut,kebanyakan orang yang mengalami sebuah permasalahan akan berfikr keras dan mungkin bisa juga terlebih dahulu stress dalam menghadapi masalah tersebut. coba alihkan pikiran anda terlebih dahulu dengan mengucapkan “selamat datang masalah”.hal itu akan membantu pikiran dan otak anda untuk bisa lebih menerima berbagai masalah yang terjadi pada anda dan menjadikan pikiran anda lebih bersifat positif karena penerimaan terhadap masalah tersebut,banyak sekali setiap orang yang mempunyai masalah tidak pernah menerimanya sehingga membuatnya menjadikan masalah tersebut negatif..ucapkanlah dan bentuk pola fikir anda serta penerimaan terhadap masalah tersebut dengen mengucapkan selamat datang masalah…

2. Tenangkanlah diri anda dalam beberapa saat

Didalam kondisi seseorang yang mengalami masalah didalam kehidupannya,akan lebih baik bila seseorang itu tidak bertindak ataupun melakukan hal-hal bodoh yang bisa membuat dirinya menjadi semakin negatif terhadap masalah tersebut. banyak orang yang mempunyai masalah dan berujung bunuh diri terjadi karena dia menjadkan masalah menjadi sesuatu hal yang negatif buat dirinya dan tentunya tidak menenangkan dirinya terlebih dahulu bila terjadi masalah..tenangkanlah diri kita semua terlebih dahulu bila ada masalah yang menerpa kita,mungkin dengan duduk santai,mendengarkan musik, bernyayi,ataupun hal-hal lain yang bisa membuat anda tenang dan nyaman terhadap masalah tersebut. tenangkan diri anda dan yakinkan bahwa setiap masalah ada penyelesaiannya. hadapi dan hayati setiap masalah yang datang menyapa anda

3. Ambil tindakan

Kebanyakan orang yang mempunyai masalah hanya bisa merasakan masalah tersebut dan melebihkan2 masalah tersebut kedalam dirinya tanpa mengambil tindakan,misalnya saja si A mengalami masalah belum menyelesaikan tugas yang seharusnya harus dikumpulkan hari ini,si A akhirnya panik,stress, bingung,karena tidak mungkin bisa selesaikan tugas tersebut hanya dalam satu hari akibatnya pasti bisa dipastikan si A tersebut akan menciptakan atmosfir negatif terhadapa dirinya sendiri..padahal apabila dia ambil tindakan secepatnya dengan cara apapun utnk selesaikan masalah tersebut,maka tugas itu dipastikan bisa akan selesai pada hari itu juga. jadi, bila ada masalah jangan hanya diam dan meratapi masalah tersebut..bertindaklah secepat dan sesegera mungkin menghadapi masalah tersebut.

4. Berputarlah

Setelah mengambil tindakan dalam menyelesaikan masalah tersebut tentunya dalam penyelesaiannya akan menghadapi penyelesaian “buntu” atau penyelesaian masalah tersebut bersifat berhenti.jangan takut dan jangan menyerah,masih banyak penyelesaian dengan cara lain.bila jalan penyelesaian permasalahan tersebut mengalami stagnan dan buntu,berputarlah..carilah alternatif penyelesaian yang lain, tentunya permasalahan ada penyelesaiannya.teruslah cari jalan penyelesaian masalah tersebut sehingga bisa menemukan penyelesaiannya terhadapa masalah tersebut. teruslah mencari jalan penyelesaiannya,karena masalah akan terselesaikan melalui jalan-jalan alternatif penyelesaian yang lainnya..jangan pernah menyerah untuk menyelesaikan masalah,berputarlah!!

5. Mintalah saran dari orang yang bisa menyelesaikan masalah tersebut

terkadang permasalahan yang terjadi pada diri kita kemungkinan juga tidak mungkin dan tidak mampu untuk kita selesaikan sendiri saja,kita juga perlu minta bantuan dan saran serta laternatif-alternatif solusi dari orang lain yang mempunyai pengalaman ataupun sesuai untuk bisa menyelesaikan masalah tersebut. dengan meminta saran tersebut, tentunya kita akan mendapatkan informasi,pengalaman, alternatif solusi bagaimana menyelesaikan masalah tersebut sehingga kita bisa mengambil tindakan selanjutnya untuk menyelesaikan masalah tersebut

6. Where there is a will, there is a way

Pepatah tersebut memang benar..dimana ada kemauan disitu selalu ada jalan. jadikan masalah menjadi sebuah penyelesaian positif di dalam kehidupan ini,masalah tidak mungkin tidak ada solusinya..pasti ada jalan penyelesaiannya,pasti ada cara untuk menyelesaikannya,pasti ada solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut..hanya mau atau tidak mau kita menyelesaikan masalah tersebut..ingatlah teman-teman bahwa dimana ada kemauan untuk menyelesaikan masalah disitu juga ada penyelesaiannya.

Demikianlah beberapa tips dari saya,semoga bisa membantu teman-teman yang sedang dilanda oleh masalah..jadikan masalah sebagai sahabat anda untuk bisa menjadi pembelajaran dan teman hidup dalam kehidupan anda,ucapkanlah selamat datang kepada masalah karena dengan mengucapkan kata tersebut kita siap untuk menyelesaikan masalah tersebut sebagai wujud untuk pengembangan diri kita agar bisa menjadi lebih abik dalam menghadapi permasalahan hidup yang semakin beragam dan kompleks didalam kehidupan kita.

Comments»

1. education :: Learning :: May :: 2009 - May 7, 2009

[…] Selamat Datang Masalah […]

2. eve - August 25, 2009

aku ni bila hati , otak, jiwa,kesihatan aku sudah elok.. baru otak aku boleh berjalan. baru aku pikir ape yang telah terjadi dengan hidup aku n sampai tahap mane hidup? carta hidupku turun or naik…? bile aku bagus aku memang bagus sampaiaku nasihat orang lain or member aku.. mereka ikut kata aku n mereka berjaya lakukan ape yang aku cakap. tapi satu tahap aku punyai masalah yang membuat aku stress sangat sampai aku buat kerja jadi tunggang terbalik. aku tak boleh fikir dengan tenang tuk aku mencari jalan selesai masalah aku. aku jadi gile n sewel. n last aku selesai kan dengan cara mudah lari daripada masalah. negetif betul ni. selalu nya aku berhenti kerja sebab tu lah aku selalu berpindah randah kerjaya.aku tida kerjaya yang tetap. aku bodoh…help me pls leave in my email hayatizd@yahoo.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: