jump to navigation

Senantiasa Ada Kemudahan Dibalik Kesulitan April 15, 2009

Posted by catatanraufmendunia in Aku dan tulisan motivasi.
trackback

“Allah tidak membebani seseorang melainkan (sesuai) dengan apa yang diberikan Allah kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan setelah kesempitan” (al-qur’an)

melihat ayat al-qur’an tersebut, kita tentunya akan paham bahwa Allah SWT selaku tuhan yang tunggal atau esa, dan juga tuhan yang senantiasa memberikan limpahan rahmat, kasih, dan sayangnya kepada semua umat-Nya. segala hal yang Allah berikan kepada manusia di dunia ini sesungguhnya sudah ada takaran atau standardnya sebelum diberikan kepada umat manusia yang ada di dunia ini. ayat al-qur’an ini menyadarkan kita bahwa sesungguhnya Allah SWT itu sangat sayang sekali dan sangat mencintai umat-Nya tersebut. bisa dibayangkan segala cobaan yang kita terima itu melebihi batas kemampuan kita,akan jadi apa kita nantinya?sesungguhnya segala cobaan yang Allah SWT berikan merupakan sekedar bentuk rasa sayang-Nya dan perhatian-Nya kepada kita semua. di ayat tersebut juga, diterangkan hendaknya kita,apabila mendapatkan berbagai macam cobaan dalam hidup ini bisa berlaku sabar dengan segala ketentuan-Nya, Allah SWT berjanji dalam ayat itu bahwasanya kelak ia akan memberikan penggantinya yang lebih baik (kelapangan) dan akan menggantinya (kesempitan) dengan sesuatu yang lebih baik dan kita bisa mendapatkan segala hikmah yang telah Allah SWT berikan kepada kta semua.

“wahai orang-orang yang beriman!mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. sungguh Allah beserta orang-orang yang sabar” (qur’an surat al-baqarah ayat 153)

dalam ayat ini juga dijelaskan bahawa kita hendaknya memohon pertolongan kepada Allah dalam bentuk sabar dan shalat ketika cobaan yang Allah berikan itu datang kepada kita. sambutlah segala cobaan itu dengan hati yang lapang dan berserah sehingga kita bisa ambil hikmah-Nya atas segala hal yang menimpa kita semuanya. janji Allah pada surat ini, bahwasanya Allah beserta orang-orang yang sabar.
apabila engkau mendapat cobaan dan musibah dari Alaah SWT, dalam al-qur’an surat al-baqarah ayat 156 disitu dituliskan bahwa :

“(yaitu)apabila orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata : innalillahi wa inna ilaihi rajiiun (sesungguhnya kami milk Allah dan kepada-Nya lah kami kembali)”

dari ayat al-qur’an ini kita dituntut untukberserah dan ikhlas atas segaa ketentuan Allah yang terjadi pada kita semua. kita henda-nya bisa berlaku ikhlas atas segala hal yang menimpa kita.

pengertian dari ayat al-qur’an ini juga bukan semerta-merta hanya untuk manusia yang sedang ditimpa musibah atau cobaan dari Allah SWT, tetapi juga menekankan kepada selaku umat manusia untuk melaksanakan hal-hal positif dengan baik dan tekun sehingga apabila kita sabar dalam menjalaninya, tentunya Allah akan memberikan segala pertolongan-Nya dalam bentuk yang tidak disangka-sangka.
segala hal cobaan yang telah Allah berikan kepada kita merupakan salah satu peringatan kepada kita untuk tetap bersyukur atas segala hal yang Allah telah berikan kepada kita semuanya. dalam al-qur’an surat al-baqarah ayat 152 yaitu:

“maka ingatlah kepada-Ku,aku pun akan ingat kepadamu. bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku”

sesungguhnya Allah betul-betul menyayangi kita, bersyukurlah kita kepada-Nya, maka Allah akan selalu mengingat kita semua serta janganlah ingkar kepada-Nya.

dalam hal ini juga kita selaku pelajar hendaknya bisa memposisikan diri kita untuk bisa menuntut ilmu sebaik mungkin sebagai bekal kehidupan kita di dunia dan akhirat. saya yakin,segala hal positif apapun yang kita jalankan seperti menuntut ilmu dengan segala upaya dan tenaga serta waktu yang telah kita laksanakan sampai saat ini Allah SWT kelak akan menggantinya dengan sesuatu hal yang sangat spesial buat kita semua..
ingatlah..Allah bersama kita semua..

Comments»

1. education :: Learning :: May :: 2009 - May 7, 2009

[…] Senantiasa Ada Kemudahan Dibalik Kesulitan […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: