jump to navigation

Sahabat itu “kita”,bukan “kamu”. July 30, 2009

Posted by catatanraufmendunia in persahabatan.
trackback

“A friend is someone who knows the song in your heart, and can sing it back to you when you have forgotten the words.”(Dianna Roberts)

Berbicara mengenai persahabatan, tentunya kita akan mengarah pada seseorang ataupun beberapa orang individu yang paling dekat dengan kita secara psikologis maupun psikis, cocok dengan kita, dan bisa dipercaya. Kriteria yang saya paparkan tadi mungkin hanya bagian kecil mengapa kita memilih seseorang menjadi sahabat kita. Sahabat adalah segalanya bagi kita semua, mereka lah tempat kita saling berbagi, berbagi kebahagiaan, berbagi kesedihan, berbagi permasalahan, berbagi solusi, dan banyak berbagi-berbagi lainnya yang memang diharapkan dari seorang sahabat.

Mungkin banyak pihak termasuk saya sendiri senantiasa bertanya, apa sih kriteria terbaik bagi seseorang yang pantas kita jadikan sahabat?pertanyaan ini mungkin sedang, atau mungkin pernah menghiasi benak dan pikiran anda. Ketika seseorang ditanya mengenai kriteria sahabat yang dia cari, mungkin seseorang itu akan menjawab..sahabat yang saya cari adalah seseorang yang berpribadi jujur, bertanggung jawab, bisa saling berbagi, dsb. Mungkin juga, seseorang yang lain punya kriteria tersendiri untuk memilih seseorang sahabat.

Ketika pertanyaan ini dikembalikan ke saya,

hanya ada satu kriteria yang menurut saya seseorang itu pantas dijadikan sahabat. Menurut saya kriteria itu adalah, seseorang yang senantiasa berkata, bertindak, dan berfikir demi “kita”. Dia senantiasa menempatkan dirinya selalu dalam kondisi “kita” bukan “saya” atau “kamu”.

Terlihat begitu simpel bukan?tapi tunggu dulu, justru hal ini lah yang sulit sekali kita dapatkan dari seseorang tersebut.

Disaat seorang sahabat mendalami arti persahabatan dan menempatkan dirinya dalam kondisi “kita”, keegoisan, ketidaksukaan, kebohongan, pengorbanan yang pamrih, keinginanan untuk menang sendiri, dan ketidakpedulian akan musnah didalam dirinya demi seorang sahabat. Apapun yang dia lakukan tidak pernah ingin selalu menjadi yang nomor satu, apapun yang dia bicarakan tidak harus menjadi sebuah keputusan mutlak yang harus dijalankan, ketika kebahagiaan datang menghampirinya dia tidak akan pernah segan untuk membaginya, ketika kesedihan hadir bagi sahabatnya dia akan berusaha semaksimal mungkin menghapus deritanya.

Semua ini karena seseorang itu berorientasi kepada “kita”, bukan “saya” atau “kamu”.

Tidak heran, sahabat itu akan ditemukan ketika kita daam kondisi yang serba kekurangan, serba kesulitan, serba tidak diuntungkan. Tidak percaya?coba test seseorang yang menurut kamu adalah seorang sahabat dengan mengajaknya untuk mendaki gunung berhari-hari dengan sedikit bekal makanan yang ada, atau ajaklah pergi untuk menjelajah dengan kondisi yang pas-pasan berminggu-minggu lamanya. Perhatikan secara detail dari hari pertama kamu pergi bersamanya hingga diakhir-akhir kamu akan kembali pulang. Disitu betul-betul nyata akan terlihat segala sifat aslinya, perangainya, seberapa besar keegoisannya, seberapa sabarnya dia dalam menjalani semuanya dalam kondisi yang sulit bersama-sama, seberapa besar pengorbanan yang dia berikan dalam kondisi tertekan dan tidak punya apa-apa. Coba untuk perhatikan dan cermati segala hal yang terjadi. Setelah itu mungkin kamu akan tahu, seseorang tersebut adalah seorang sahabat atau bukan.

Sahabat itu ibarat seseorang yang senantiasa memberikan segalanya untuk “kita” dan banyak mengorbankan hal-hal yang berkenaan dengan “saya” atau “kamu”. Carilah dengan seksama sebelum kamu memberi penghargaan dan mencapnya dengan title kepada seseorang sebagai seorang sahabat.


Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: