jump to navigation

keberanian yang membedakan orang biasa dan yang tidak biasa. November 10, 2009

Posted by catatanraufmendunia in Aku dan tulisan motivasi.
trackback

Take chances, make mistakes. that’s how you grow. pain nourishes your courage. you have to fail in order to practice being brave. (Mary Tyler Moore).


Ketakutan adalah sebuah momok terbesar yang manusia miliki. hanya seseorang yang berani saja yang dapat mendobrak ketakutan menjadi sebuah proses pembelajaran dan pengembangan kualitas kepribadian yang luar biasa. manusia memang lebih senang dalam sebuah kondisi yang nyaman.Nyaman dalam artian bahwa segala sesuatu hal yang dikerjakan selalu membawa kesenangan, tidak perlu usaha yang terlalu keras, dapat manfaat dan keuntungan yang besar, dan hidup dengan resiko yang seminimal mungkin.

akan tetapi, kondisi yang berisi dengan hal-hal yang asing, tidak pernah dijangkau, apalagi beresiko adalah salah satu hal yang selalu kita hindari. zona ketidaknyamanan ini sememangnya tidak ingin disentuh, dicoba, apalagi berkutat dalam hal-hal yang penuh resiko. kalau punya kehidupan yang tenang, aman, nyaman, mempunyai resiko yang kecil, dan adem ayem. lalu kenapa kita harus mengambil resiko yang bertentangan dengan zona nyaman kita sendiri? dan memberanikan diri untuk berkecimpung dengan zona ketidaknyamanan kita?

mungkin begitu hal dasar yang terlontar ketika dihadapkan pada sebuah pertanyaan seperti itu. keberanian yang dimiliki oleh seseorang itulah yang membedakan orang biasa dan orang yang tidak biasa. hanya orang-orang dengan keberanian lah yang akan menembus batas-batas ketakutan yang seharusnya tidak penting dan tidak perlu untuk ditakuti. keberanian mampu membawa kita menjadi pribadi yang lebih berkualitas dan lebih super. keberanian yang saya maksud disini adalah keberanian untuk mengambil sesuatu hal yang kita takuti dan mampu membawa kita menuju zona ketidaknyamanan kita sendiri. lalu, di dalam hal apakah kita harus berani dan melawan ketakutan seta ketidaknyamanan itu? jawabannya adalah, anda sendiri yang tahu secara persis akan hal itu. anda lah yang mengetahui dengan pasti ketakutan-ketakutan itu sendiri.

misalnya saja: ketakutan untuk mengambil posisi pimpinan didalam sebuah organisasi dikarenakan posisi itu akan menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan pikiran.selain itu posisi pimpinan itu harus berhadapan dengan kritikan dan tanggungjawab yang besar yang harus ditanggung selama menjabat di organisasi itu.mungkin hanya orang-orang yang berani saja yang akan mengambil posisi itu. bukan orang-orang yang penakut dan  pribadi bermental biasa.

dibalik keberanian yang kita ambil selalu terkandung makna pembelajaran dan pengembangan diri menuju pribadi yang lebih baik, lebih berpengalaman, dan tentu saja menjadi pribadi yang lebih super dan sukses. keberanian ini juga menjadikan kita menjadi pribadi yang tersenyum ketika menghadapi resiko, tidak stress ketika mengalami sebuah permasalahan, dan siap dengan berbagai kemungkinan-kemungkinan yang tidak sesuai dengan harapan. dengan adanya keberanian ini, kita terus saja belajar dari berbagai kesalahan yang terjadi, mengambil hikmah dari keputusan yang kita ambil, dan merasakan pahitnya pengorbanan yang akan membawa  kita menjadi pribadi yang lebih baik.

ingat kawan, peluang-peluang emas dalam kehidupan ini hanya diraih oleh orang-orang yang berani. karena peluang-peluang emas itu penuh dengan resiko dan ketidaknyaman untuk meraihnya. tetapi hanya segilintir orang yang berkarakter berani yang akan mengambilnya. jadi, di posisi manakah anda? berani mengambil peluang itu atau hanya terpaku memandang peluang itu?anda memilih.

Comments»

1. Lex dePraxis - December 4, 2009

Hmmm, tulisan yang menarik. Terima kasih telah berbagi, karena jujur saja saya merasa jarang ada yang menuliskannya dalam perspektif seperti ini. Kesuksesan memang harus dimulai dari dalam, serta dilakukan dengan penuh komitmen.

Saya pikir kita memang perlu saling mengingatkan satu sama lain tentang teori dan proses pengembangan diri. Dan sebagai referensi silang, Anda juga pasti bisa menemukan cerminan lainnya dalam tulisan saya yang berjudul Racun Pengembangan Diri. Sekedar untuk semakin menambah wawasan saja, semoga bisa membantu.

Salam kenal, sobat, senang bertemu dengan sahabat baru yang juga memiliki semangat untuk menginspirasi orang lain.

Lex dePraxis
Unlocked!

catatanraufmendunia - December 5, 2009

terima kasih juga lex depraxis yang sudah mampir ke blog saya..semoga apa yang saya tulis bisa memberi manfaat kepada orang lain. mungkin hanya ‘memberikan mafaat kepada orang lain’ lah kenapa saya begitu tertarik untuk menulis disini..saya juga akan mampir ke blog anda, untuk baca tulisan2 anda yang pastinya bagus dan menarik untuk dibaca.

salam kenal juga sobat, semoga dengan tulisan kita bisa memberi ‘sesuatu’..

2. dede - December 5, 2009

Tulisannya bagus,saya jadi makin berani untuk menjadi yang tidak biasa. ^-^

3. catatanraufmendunia - December 5, 2009

terimakasih buat dede yang sudah mau untuk mampir ke blog saya, semoga kita menjadi lebih berani untuk menjadi pribadi yang tidak biasa..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: