jump to navigation

jangan berhenti mencari ilmu December 30, 2009

Posted by catatanraufmendunia in Aku dan tulisan motivasi.
trackback

Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kalian dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.” (QS. Al-Mujâdilah)

Al-qur’an dengan sangat terang menjelaskan bahwa, orang yang akan diangkat  lebih tinggi derajatnya dihadapan Allah SWT adalah orang yang berilmu. Ilmu adalah penerang pemikiran, pemberi kebijaksanaan, dan juga memperluas pengetahuan tentang dunia dan akhirat.

Tentunya, anda sudah tidak asing lagi dengan peribahasa ‘tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina’. Maksud peribahasa ini tidak semestinya kita harus belajar sampai ke Cina, tetapi lebih mengandung interpretasi untuk menuntut dan meraih ilmu sebanyak mungkin, walaupun harus sampai ke negeri Cina.

lalu, apakah kita harus sampai menuntut ilmu seperti itu? jawabannya adalah HARUS! tidak peduli jauhnya, tidak peduli berapa umurmu, tidak peduli apapun jenis kelaminmu, tidak peduli kamu miskin atau kaya. tetaplah menuntut ilmu sampai kapanpun.

Mengapa kita harus menuntut ilmu sampai seperti itu? inilah jawaban dari seorang yang sholeh yaitu Ibnul Qayyim Rahimahullah. Beliau mengatakan bahwa:  

“Sesungguhnya ilmu itu melapangkan dada dan meluaskannya sehingga ia menjadi lebih luas dari dunia. Dan kejahilan akan mewariskan kesempitan, keterbatasan dan keterkurungan. Kapan ilmu seorang hamba semakin luas maka dadanya akan semakin lapang dan lebih meluas. Namun ini bukanlah pada setiap ilmu, bahkan hanya pada ilmu yang terwarisi dari Ar-Rasul shallallâhu ‘alaihi wa sallam yaitu ilmu yang bermanfaat. Orang-orang yang berilmu (merekalah) yang paling lapang dadanya, paling luas hatinya, paling indah akhlaknya dan paling baik kehidupannya.”

Dari perkataan beliau mengenai ilmu. Sudah sepantasnya kita terus berusaha dan tidak pernah berhenti untuk terus belajar serta menuntut ilmu sebanyak-sebanyaknya. Ilmu yang wajib kita pelajari bukan hanya sekedar ilmu agama saja, tapi pelajarilah ilmu-ilmu lain yang bermanfaat seperti sains, matematika, teknologi, komunikasi, dsb. Dan janganlah lupa bahwa segala ilmu yang kita miliki itu wajib untuk dibagi-bagi kepada orang lain sehingga ilmu yang didapatkan itu mengandung manfaat dan kebaikan buat orang lain.

marilah kita bersama-sama tanpa lelah untuk terus belajar hingga akhir hayat kita, sehingga mudah-mudahan Allah SWT mengangkat derajat kita lebih tinggi dihadapan-Nya karena ilmu yang kita miliki dan pelajari selama hidup didunia.

mari berdoa:

“Dan katakanlah, “Ya Rabbku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan.”.” (QS. Thôhâ : 114)

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: