jump to navigation

segera selesaikan masalah! December 30, 2009

Posted by catatanraufmendunia in pengembangan diri.
trackback

For every failure, there’s an alternative course of action. You just have to find it. When you come to a roadblock, take a detour. (Mary Kay Ash)


Masalah jangan dibiarkan berlarut-larut. kalau bisa diselesaikan sekarang juga kenapa tidak? tapi bagaimana caranya?

itu pertanyaan yang terlontar dari seorang teman yang sedang menghadapi sebuah masalah dalam hidupnya. Saya mengatakan bahwa, setiap permasalahan yang hadir perlu dicari kunci penyelesaiannya. Dan mencari kunci penyelesaiannya itu memerlukan kreativitas dan inovasi. Ingat, bukan hanya kreativitas! tapi perlu juga inovasi dalam memecahkan masalah tersebut.

Sebelum kita masuk kedalam pembahasan tentang penyelesian masalah, hal pertama yang harus kita lakukan ketika menghadapi permasalahan adalah dengan membuka pemikiran dan semua panca indera yang kita miliki serta menerima dengan ikhlas, lapang dada, dan sangat ‘welcoming‘ terhadap masalah tersebut. Ingat, setiap masalah pasti ada penyelesaiannya. Jangan khawatir! terimalah masalah itu, bukan menggerutu atau menolaknya, apalagi sampai menyalahkan Tuhan. Itu sangat tidak dibenarkan!!

Hal kedua yang bisa kita lakukan adalah buka selebar-lebarnya proses untuk berfikir kreativitas dalam penyelesaian masalah tersebut. Kreativitas disini bermaksud, gunakan penyelesaian masalah dengan cara yang berbeda dibandingkan dengan cara penyelesaian yang biasa kita lakukan pada masa lalu. Ingat, masalah yang kita punya selalu dalam bentuk yang baru! jadi perlu cara baru untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Dalam proses pencarian penyelesaian yang kreatif ini, kita bisa dapatkan dengan cara meminta saran terhadap orang yang sudah ahli dan kompeten serta sudah pernah mengalami masalah seperti kita. Selain itu, bisa juga dengan membaca buku, literatur-literatur, ataupun referensi pendukung yang bisa membawa kita dalam proses penyelesaian masalah yang kita hadapi tersebut. Teruslah mencari ide kreativitas itu, berusahalah..niscaya kita akan mendapatkan penyelesaiannya.

Hal ketiga adalah, selesaikan masalah secara inovatif. Cari penyelesaian yang sangat berbeda. Bereksperimenlah dalam mencari penyelesaian. Karena dengan penyelesaian yang berbasis inovatif, kita mendapatkan pembelajaran yang sangat berharga dari masalah yang kita hadapi tersebut. Jadi, jangan takut untuk bereksperimen dalam penyelesaian masalah. Ingat, jangan takut untuk bereksperimen!

Dan yang terakhir apabila kita ingin menyelesaikan masalah adalah, jangan pernah berhenti apalagi sampai putus asa bila belum menemukan penyelesaian masalah tersebut. Ketahuilah dan percayalah, bahwa setiap masalah ada penyelesaiannya. Terus berusaha mencari kunci penyelesaian masalah tersebut. Dan, insyaallah kuasa tuhan akan bersama dan membantu  dalam proses mencari kunci penyelesaian masalah.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: