jump to navigation

“The Zone of Excellence” January 5, 2010

Posted by catatanraufmendunia in pengembangan diri.
trackback

Terry Orlick seorang pakar psikologi  olahraga asal Kanada, mencatat ada beberapa hal yang perlu dimiliki oleh seseorang atlet sebagai syarat untuk meraih kualitas permainan yang bagus. Syarat itu kemudian dikemas dalam “the zone of excellence” berikut:

  1. Selalu mengingat bahwa hanya pikiran positif yang sanggup memproduksi hasil positif.

Artinya, pikiran negative tidak bisa digunakan untuk memproduksi hasil positif meskipun kita menginginkan hasil yang positif. Pikiran positif akan melahirkan keputusan positif dan keputusan positif akan melahirkan tindakan positif. Ibarat kita menanam benih, kalau benih yang kita tabor positif, maka secara aqliyah dan naqliyah, tentu hasil yang kita panen juga positif.

  1. Selalu mengingat bahwa citra diri positif yang dapat menghasilkan tindakan positif.

Memiliki citra diri yang positif akan membuat kita punya perasaan diri yang positif. Jika kita sudah punya perasaan positif pada diri kita makan ini akan mendorong kita untuk melakukan hal-hal yang baik untuk kita. Melakukan hal-hal yang baik akan membuat kita punya perasaan yang baik atas diri kita

  1. Tetap mengingat bahwa selalu ada pelajaran yang bisa kita serap dari situasi apapun dan dari siapa pun.

Pelajaran itu ada dibalik apa yang sudah kita lakukan. Pelajaran itu ada dibalik apa yang sudah dilakukan oleh orang lain. Menyerap pelajaran itu dan menggunakannya untuk memperbaiki diri akan membuat kehebatan kita bertambah

  1. Selalu berfikir dan selalu bersikap “saya bisa”.

Tidak ada untungnya sama sekali jika kita sedikit-sedikit mengeluarkan ungkapan saya tidak bisa, itu susah, itu sulit dan semisalnya yang kita utarakan sebagai bentk-bentuk kelemahan dan kekalahan. Lakukanlah sesuatu dengan keyakinan bahwa anda sanggup dan bisa melakukannya. Meskipun pada akhirnya anda belum bisa melakukannya sebaik yang diinginkan tetapi sikap mental demikian akan memberi peluang yang lebih bagus bagi kemajuan anda.

  1. Selalu berfikir ada peluang dan kemungkinan.

Tidak aka nada krisis peluang didunia ini. Peluang itu ada dimana-mana. Dalam situasi yang seburuk apapun, tidak mungkin kita sampai kehabisan peluang, pilihan dan kemungkinan. Berpikir bahwa peluang itu selalu ada memang tidak langsung membuat kita kedatangan peluang yang berlimpah tetapi dari pikiran seperti inilah peluang itu ada.

  1. Selalu ingat pada focus utama kita.

Hanya pada saat ketika anda benar-benar mmfokuskan diri pada proses yang anda jalani untuk meraih sasaran yang anda inginkan, yang bisa membuat anda benar-benar mengerahkan seluruh potensi yang anda miliki secara optimal. Focus akan memmberikan kekuatan dalam bertahan dari serangan kekecewaan, kegagalan, dan kepahitan. Focus akan menghasilkan wibawa dan vibrasi bagi tindakan kita, focus akan menghasilkan cara kerja yang cerdas (smart)

  1. Selalu mengingat anak tangga dalam melakukan sesuatu (step-by-step-achieving).

Hasil yang besar diraih dari proses kemajuan yang sifatnya bertahapmenurut ukuran yang pas buat kita. Ukuran yang pas ini tentu berbeda antara anda dan orang lain. Berapapun ukuran anda tetapi jangan tergiur untuk meraih sesuatu yang langsung besar secara sekaligus. Selain jarang terjadi, pun juga sering melahirkan masalah yang penanganannya di luar kontrol kita.

Dikutip dari: buku strategi mereformasi diri (panduan dan jurus untuk mengubah diri)

Penulis: En. Ubaedy

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: