jump to navigation

kontrol diri:sebuah sarana memperkuat diri. January 10, 2010

Posted by catatanraufmendunia in pengembangan diri.
trackback

“ketika kau letakkan muatan diatas palka kapal, usahamu itu tanpa jaminan. karena kamu tak tahu apakah kamu akan tenggelam atau selamat sampai tujuan. jika kamu berkata (memutuskan), “aku takkan berlayar sampai aku yakin akan nasibku”, maka kamu tidak akan pernah berniaga. saudagar yang penakut takkan meraih untung atau rugi; bahkan sesungguhnya ia telah merugi: orang harus mengambil api agar memperoleh cahaya. karena seluruh kejadian berjalan diatas harapan, maka hanya imanlah tujuan terbaik harapan, karena dengan iman memperoleh keselamatan.” (Jalaluddin Rumi)


ketika menjalani sebuah kehidupan. tentunya apapun yang dilalui tidak akan pernah terlewati yang namanya resiko. resiko adalah salah satu bagian dalam hidup yang mau tidak mau akan dan harus kita ambil. menjalani hidup tanpa resiko hanya akan menempatkan hidup kita dalam kondisi yang sangat statis dan biasa saja. apakah anda ingin hidup yang seperti itu?statis dan biasa saja? saya yakin, semua orang mendambakan hidup yang lebih baik dan meraih kebahagiaan yang sempurna.

untuk meraih kebahagiaan dan cita-cita yang kita inginkan, kita perlu siap menghadapi resiko. untuk itulah, kita memerlukan satu kondisi penguatan diri agar mampu untuk terus melangkah maju ke depan walaupun resiko akan datang menghadang. dengan melangkah ke depan mengartikan bahwa akan ada sesuatu hal yang bersifat banyak, tak terbatas dan punya banyak pilihan.

dalam menghadapi sebuah resiko, kita memerlukan yang namanya kontrol diri. kontrol diri begitu penting buat kita sebagai sebuah panduan dan arahan agar kita mampu menghadapi resiko yang akan dihadapi ketika didalam perjalanan menuju hidup yang lebih baik. dengan kontrol diri, kita bisa berjalan sesuai dengan koridor perjalanan yang ingin kita rencanakan. dengan kontrol diri juga, kita akan siap menghadapi berbagai resiko yang akan datang menghampiri.

kontrol diri mengaktifkan semua panca indera yang dimiliki, perasaaan, dan pikiran secara baik dan benar ketika kita dalam proses untuk menemukan hidup yang lebih baik dan berlebel lebih tinggi lagi. untuk menyiasati dunia yang pasti tetapi kelihatannya tidak pasti itu dan dunia yang serba mengandung resiko itu, maka jelas dibutuhkan sebuah penerapan strategi yang diajarkan oleh tuhan melalui air hujan yang menetes. kontrol diri harus dibangun sedikit demi sedikit ibarat air hujan yang menetes ke bumi. sedikit demi sedikit pada akhirnya bisa membentuk kehidupan baru di muka bumi.

dengan kontrol diri yang kuat, resiko yang dihadapi akan terasa ringan. saya percaya, semakin besar resiko yang diambil maka akan lebih besar pencapaian yang kita bisa dapatkan. jadi jangan takut untuk mengambil resiko selama kita mempunyai kontrol diri yang kuat dan tepat.

ralph marstone mengingatkan: “hanya sedikit orang yang bisa mengambil langkah besar untuk menciptakan fenomena kesuksesan satu malam”. mungkin terjadi. tetapi sangat jarang. meskipun demikian setiap orang mampu melangkah sedikit demi sedikit dan terus menerus. langkah demikian yang akan menciptakan fenomena besar.

mengontrol diri ini bisa didapatkan bukan dari buku, majalah, televisi, ataupun dari radio. tetapi kontrol diri bisa diasah dan diraih dengan cara latihan langsung dan terus menerus. kemampuan kontrol diperoleh dengan praktek yang dijiwai dan menjiwai praktik sedikit demi sedikit menurut kadarnya masing-masing.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: