jump to navigation

going extra miles dan penguasa didalam diri July 26, 2010

Posted by catatanraufmendunia in Aku dan tulisan motivasi.
trackback

“ada dua hal yang paling penting dalam mempersiapkan diri untuk sukses, yaitu going the extra miles dan resep lainnya adalah tidak pernah mengizinkan diri kalian dipengaruhi oleh unsur luar diri kalian,oleh siapa pun, apa pun, dan suasana bagaimana pun”. -novel negeri 5 menara-

saya begitu tertarik dengan kalimat ini setelah membaca novel berjudul negeri 5 menara. ada nilai-nilai motivasi di novel tersebut. salah satunya adalah kalimat yang ada diatas tersebut.

dua hal penting dalam mempersiapkan diri untuk sukses yang tertera dalam novel negeri 5 menara ini sungguh menarik untuk dibahas. dua hal tersebut memang penting dan seharusnya ada didalam pribadi-pribadi yang memang ingin untuk meraih kesuksesan.

tidak ada salahnya untuk kita membahas satu persatu dari kedua hal penting tersebut.

hal penting yang pertama adalah going the extra miles. ini bermaksud bahwa kalau kita ingin meraih kesuksesan kita harus berusaha lebih keras dan lebih cepat dibandingkan dengan orang lain.

kalau ingin jadi juara lari 100 meter, apabila sang juaranya biasa berlatih setiap hari berlari 10 keliling, maka kita harus berlari lebih dari 10 keliling, mungkin saja 20 keliling!.

kalau kita ingin menjadi penulis handal, berlatihlah menulis sebanyak-banyaknya.

kalau ingin menjadi juara olimpiade, kita harus berlatih dengan keras melebihi juara olimpiade sebelumnya.

kalau kita ingin menjadi juara kelas, belajarlah lebih banyak dari murid-murid yang lain. mungkin 5 jam atau lebih setiap harinya.

going extra miles berarti kita harus siap untuk mengerahkan daya dan keupayaan lebih diatas rata-rata orang lain yang sudah juara. kita harus jadi best of the best!

seseorang yang memahami konsep dan mempraktekkan ilmu going extra miles tikan akan pernah menyerah pada rata-rata. dia senantiasa akan terus berusaha semaksimal mungkin, dia akan kerahkan semua potensi didalam diri hinggi titik darah penghabisan. dibenaknya hanya satu, menjadi pemenang!

pribadi yang menggunakan ilmu going extra miles akan selalu berusaha meningkatkan diri lebih dari orang biasa. dia tidak akan pernah menyerah sebelum menjadi juara.

untuk sukses emang perlu usaha lebih dibanding orang lain, kalau hanya ingin menjadi pribadi yang biasa, yaa cukup mengerjakan hal-hal yang biasa saja. oleh karena itu, untuk menjadi pribadi yang sukses, kita harus melebihkan usaha, upaya, tekad, waktu, dan sebagainya dari orang lain.

selanjutnya, hal penting kedua adalah tidak pernah terpengaruh unsur luar dari diri kalian.

hal ini memang diperlukan untuk menjadi pribadi yang sukses. hal penting tersebut bermaksud, setiap pribadi yang sukses itu harus mempunyai prinsip dan pendirian yang teguh. dari dalam dirinyalah yang membentuk semuanya, bukan dari luar. dirinya sendirilah yang mengatur dan menerima segala hal. kalianlah yang berkuasa terhadap diri kalian sendiri, faktor luar tidak akan mempengaruhi diri anda.

anda tidak akan terpengaruh oleh faktor-faktor luar seperti sedih, marah, takut, kecewa, dan sebagainya. anda lah pengatur diri anda sendiri, bukan faktor luar diri anda. anda harus punya prinsip yang teguh, tidak akan terpengaruh apapun, siapapun, dan bagaimanapun.

dua hal penting tersebut benar-benar membawa implikasi penting buat pribadi-pribadi yang ingin sukses. kuncinya hanya dua, going extra miles dan tidak terpangaruh faktor luar (kita lah penguasa di dalam diri).

kalau kita menjalankan dua hal yang penting tersebut, lalu perhatikanlah apa yang terjadi!

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: