jump to navigation

sahabat?? November 12, 2010

Posted by catatanraufmendunia in persahabatan.
trackback

“Kalau memang cara tertawa kita berbeda, kita kan tetap punya cara yang sama untuk tersenyum. lalu apa lagi yang harus diperjelaskan?”

Dalam lika-liku persahabatan, menurut saya perbedaan itu adalah hal biasa. Tapi akan menjadi tidak biasa, kalau kita tidak bisa menerima segala perbedaan sehingga lebih memilih untuk pada hal-hal yang sama saja. Keterbukaan kepada hal yang tidak sama sudah seharusnya menjadi bagian dari persahabatan, bukankah semakin beragam justru semakin membuat kaya arti persahabatan tersebut?

Memang, setiap indiviu yang terlibat dalam persahabatan mempunyai karakteristik dan kepribadian yang berbeda. Lalu, mengapa kita tidak mau belajar untuk memahami perbedaan itu? kenapa lebih memilih mengekslusifkan diri hanya untuk beberapa orang?

katanya sih, mereka tidak bisa lebih terbuka karena cara tertawanya berbeda. Bukannya setiap orang itu memang cara tertawanya berbeda? lalu kenapa kalau berbeda? bukankah kita tetap punya cara yang sama untuk tersenyum? lalu mengapa perbedaan dijadikan sebuah alasan dan kiasan untuk tidak melakukan penerimaan dalam persahabatan?

Aneh! itu jawaban tegas dari saya..Yaa, sungguh sangat aneh. Kalau belum bisa terbuka dalam menerima sahabat, lebih baik jangan pernah mengaku sebagai orang yang mengerti betul tentang arti persahabatan.

Persahabatan itu yaa “kita” bukan “mereka, aku, kamu, atau kalian”. Sudahkah “kita” sadar akan hal itu?

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: