jump to navigation

pemimpin teladan dan menginsipirasi November 16, 2010

Posted by catatanraufmendunia in kepemimpinan.
trackback

“Tell me son, what type of leadership you have been used to your team?. I lead by example and trying to be an inspiration to my team”-invictus-

Banyak tipikal kepemimpinan yang tertulis dalam buku dan dari pemikiran banyak ahli kepemimpinan. Tapi saya tetap yakin, pemimpin yang terbaik merupakan the greatest role model. Kenapa harus menjadi contoh bagi setiap orang?

Karena pemimpin yang hebat selalu memberi contoh yang terbaik dibandingkan harus habiskan banyak energinya dengan berbicara. Action is thousand times more strong and influence than words!

Coba kita telusuri lebih jauh, apakah ada pemimpin yang mengajak kepada kebaikan tapi justru dirinya banyak melakukan kejahatan? atau apakah ada pemimpin yang mampu memberikan motivasi kepada semua orang, tetapi dirinya sendiri de-motivated?

Ambillah contoh-contoh pemimpin besar di dunia, mereka mengajarkan sesuatu dengan memberi contoh dari dirinya sendiri terlebih dahulu. Bagaimana mungkin seorang pemimpin mampu merubah pengikutnya kalau dirinya sendiri tidak patut menjadi teladan?

Menjadi contoh dan diteladani bagi pengikutnya merupakan syarat mutlak dan wajib kalau ingin menjadi pemimpin yang di patuhi, diikuti, dan dihormati oleh pengikutnya.

Ketika pemimpin sudah menjadi teladan dengan memberikan banyak tindakan nyata yang baik, bukan sekedar berbicara saja. Pemimpin tersebut akan mampu menjadi inspirasi bagi semua orang.

Mahatma Gandhi menjadi inspirasi simbol perlawanan terhadap penjajah bukan karena beliau adalah seseorang yang kuat fisiknya, atau lantang bicara mengenai aspirasi rakyat india. Tapi justru, Mahatma Gandhi memberikan contoh kepada rakyat India dengan cara melakukan pemboikotan terhadap Inggris dengan cara damai. Prinsipnya yang terkenal, yaitu Satyagraha yang berarti jalan menuju kebenaran mampu memberi inspirasi kepada rakyat India untuk memerdekakan diri dari penjajahan Inggris.

Marilah kita sebagai seorang pemimpin (dalam bentuk apapun), bisa bersama-sama menjadi contoh atau teladan yang baik. Kalau kita pemimpin bagi keluarga, jadilah teladan yang baik bagi istri dan anak-anak. Kalau kita menjadi pemimpin di sebuah organisasi, jadilah contoh pemimpin organisasi yang baik, adil, dan memberi kesejahteraan bagi semua anggotanya.

Jadilah bukan hanya sebagai teladan, tapi berusahalah menjadi inspirasi dalam hal yang positif bagi semua orang.

Kalau sudah seperti itu, saya tidak ragu mengatakan anda adalah pemimpin yang hebat!

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: