jump to navigation

buku dan orang yang tepat! apa kaitannya 5 tahun mendatang? February 18, 2011

Posted by catatanraufmendunia in pengembangan diri.
trackback

Ada dua hal yang mempengaruhi hidupmu dalam 5-10 tahun mendatang. yang pertama adalah buku apa yang kamu baca, dan yang kedua adalah dengan siapa anda membangun hubungan dan menjalin relasi”

Sadarkah kita, dua komponen dalam pernyataan diatas akan mampu mempengaruhi hidup kita semua dimulai dari sekarang untuk 5-10 tahun mendatang? atau mungkin anda mengkerutkan dahi sambil berucap “apa mungkin ada pengaruhnya?”

Menurut pendapat dan analisis saya, dua hal tersebut jelas akan mempengaruhi hidup kita. Kenapa begitu? baik, mari kita membahasnya satu persatu dari setiap komponen tersebut.

yang pertama adalah mengenai buku bacaan yang kita baca.

Mungkin kita bertanya-tanya, kenapa harus buku yang mempengaruhi hidup kita 5-10 tahun mendatang? terdengar sangat tidak relistis kan?

Begini, buku yang kita baca merupakan representasi berbagai input yang kita masukkan ke dalam otak kita. pernah mendengar ungkapan: ” kalau didalam teko isinya air teh manis, air yang kita tuangkan dari teko  ke gelas tetap saja berisi air teh manis, bukan kopi atau sirup”.

Begitu juga dengan buku yang kita baca, kalau dari sekarang kita banyak membaca-baca buku mengenai perkembangan diri dan motivasi, secara otomatisnya pikiran dan ucapan akan dipandu oleh segala ilmu-ilmu yang terkandung dan kita miliki dari buku bacaan tersebut. Hal ini jelas mempengaruhi pemikiran dan cara pandang, cara berbicara, cara bersikap,  cara bertindak, dan cara kita menyelesaikan berbagai persoalan.

seperti sebuah ungkapan dibawah ini:


The worth of a book is to be measured by what you can carry away from it.  ~James Bryce

Apa yang kita baca saat ini, merupakan manifestasi dan investasi besar dalam hidup. Buku bacaan itu nantinya akan sangat mempengaruhi output yang dikeluarkan dari dalam pikiran kita,

maka dari, tidak heran sekali bahwa pemimpin-pemimpin besar didunia adalah orang yang haus akan buku bacaan. Mereka melahap habis semua buku-buku dengan berbagai jenis keilmuan. Mereka mampu berfikir besar dan meluas karena banyak buku yang mereka baca.

Ingat, pepatah yang mengatakan: “buku adalah jendela dunia merupakan pepatah yang 100% benar dan saya yakini” bagaimana dengan kamu?


lalu hal yang kedua adalah dengan siapa anda membangun hubungan dan relasi.

Tidak bisa dipungkiri, ini juga merupakan faktor-faktor yang sangat mempengaruhi kehidupan kita 5-10 tahun mendatang.

Hadist Riwayat Thabrani mengatakan:

“Duduklah bersama orang-orang besar, bertanyalah kepada orang-orang pandai, dan bergaullah dengan orang-orang cerdik”

dari pernyataan diatas, kita di anjurkan untuk menjalin hubungan dan relasi yang baik dengan orang-orang yang tepat. Pernah dengar pepatah yang mengatakan: ” seseorang yang bergaul dengan penjual minyak wangi pasti akan ikut wangi, sedangkan bergaul dengan pandai besi maka dirinya pun tidak jauh seperti mereka”.

Nah untuk itulah, kita harus pandai-pandai memilih orang yang tepat dalam menjalin hubungan dan relasi. Salah bergaul, salah memilih teman akan mempengaruhi diri kita nantinya di masa depan.

maka dari itu, pilihlah orang yang tepat untuk membangun hubungan yang tepat sehingga membentuk kepribadian yang terbaik.

Masihkah kita abaikan dua hal ini? masihkah kita inginkan hidup yang lebih baik? untuk itulah, carilah buku-buku yang bermutu yang bisa memberi pengetahuan dan ilmu yang melimpah, dan juga mampu mengembangkan kepribadian menjadi luar biasa. Bacalah buku sebanyak-banyaknya, serap intisari setiap apa yang kalian baca, dan cobalah mempraktekan segala hal yang kalian baca ke kehidupan sehari-hari.

Dan ingat juga bahwa pilihlah orang-orang yang tepat dalam hidup anda. Bergullah dengan orang-orang yang bisa membakar semangat dan motivasi anda, memberi inspirasi, dan bisa membantu anda mengembangkan diri anda menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari.


Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: